Kamis, 07 September 2017

Madu Mongso



Jajanan Asli Magetan “Madu Mongso”

Sudah tau madu mongso, jajanan tradisional ini, sangat  banyak di gemari oleh banyak kalangan, dari anak anak hingga orang tua. Hampir dari mereka menyukai madu mongso, karena itulah oleh oleh khas magetan ini, sangat populer.
Biasanya jajanan madu mongso, hanya tersedia pada acara tertentu saja, semisal pada saat lebaran tiba. Karena memang proses pembuatanya yang lumayan memakan waktu lama, dan rumit jadi tidak semua orang, mau membuat madu mongso.





Cita Rasa Madu Mongso
Madu mongso memiliki cita rasa yang manis, dengan tekstur kasar-kasar empuk, berwarna hitam, ke coklat-coklatan. dengan rasa ada sedikit masam.
Rasa yang manis dan sedikit masam, membuat madu mongso sangat di gemari banyak orang. Rasa masam di peroleh karena madu mongso berbahan dari tape dan ketan, yang di fermantasikan dengan ragi.

Cara Membuat Madu Mongso
tokopedia.com
Proses Membuat Madu mongso ada dua tahapan,
Pertama adalah membuat tape katan hitam. Beras ketan hitam di cuci hingga bersih dan kemudian di tiriskan.
Rebus air di dalam dandang, sampai mendidih, lalu beras hitam ditanak kurang lebih sekisar satu jam. setelah selesai, baru bisa kita dinginkan di leser atau tampah.
Kemudian baru kita taburi dengan ragi sampai rata, dan di masukan dalam panci. Yang telah dilapisi dengan daun pisang, kemudian kita tutup rapat, di tunggu selama tiga jam.
Ke Dua setelah tape matang, santan di rebus dengan gula putih dan gula merah, menggunakan wajan. Kalau sudah mendidih, tape di masukan dan dimasak, lalu kita aduk aduk hingga sampai campur. baru madu mongso siap untuk di sajikan.
Harga Madu Mongso
harga madu mongso jika kalian ingin membeli, madu mongso dijual biasanya per Kg, atau per pack,   untuk hantaran isinya saj/dengan toplesnya, Per kg biasanya dijual dengan harga Rp. 145.000, isi 58pcs madumongso kertas warna warni, yang bisa anda beli dan jadikan sebagai oleh oleh khas magetan.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar


Labels

Arsip Blog

Diberdayakan oleh Blogger.