Jumat, 08 September 2017

Kobis



 SAYUR KOBIS KHAS MAGETAN
Memasuki 10 hari puasa, harga kebutuhan masyarakat semakin melonjak. Tidak hanya sembilan bahan pokok (sembaki), namun juga sayur mayur.
Kenaikan harga sayur mayur ini tidak saja memukul konsumen, tapi juga pedagang ethek (pedagang sayur keliling). "Kenaikan harga sayur mayur mencapai 100 persen lebih. Tidak hanya masyarakat yang menjerit, kami sebagai pedagang sayur mayur juga terkena imbasnya," kata Suradi pedagang ethek warga Desa/Kecamatan Sidorejo, Kabupaten Magetan.
Harga sayur kobis ini bersekitar per kilogram Rp 7500 menjadi Rp 9500.

Adapun manfaatmya kobis bagi kesehatan tubuh,manfaatnya antara lain:

1. Meningkatkan kekebalan tubuh
Selama ini vitamin C identik dengan buah jeruk. Namun siapa sangka bahwa kandungan vitamin C pada kubis jauh lebih banyak daripada jeruk. Dengan kekayaan vitamin C yang dimilikinya mengonsumsi kubis dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh sehingga kita lebih terlindung dari berbagai infeksi bakteri dan virus di sekitar kita.

2. Baik untuk organ pencernaan
Kandungan seratnya yang tinggi menjadikan kubis sebagai makanan yang sangat baik bagi kesehatan organ pencernaan. Dimana serat dapat membantu pergerakan usus ketika menyerap makanan sehingga usus tidak perlu bekerja terlalu keras. Selain itu ia juga membuat feses menjadi lebih lembut sehingga menghindarkan kita dari berbagai gangguan pencernaan seperti sembelit, diare, atau risiko wasir.

3. Mencegah kanker
Kubis juga mengandung antioksidan yang tinggi yang dapat mencegah perkembangan radikal bebas di dalam tubuh yang dapat memicu berbagai penyakit berbahaya seperti kanker.

4. Sebagai nutrisi bagi kesehatan mata
Kubis juga sangat baik dikonsumsi sebagai asupan nutrisi bagi kesehatan mata. Dengan kandungan beta karoten yang dimilikinya bermanfaat untuk mempertajam penglihatan, menjaga daya lihat pada orang tua, serta mencegah timbulnya katarak.

5. Membantu menurunkan berat badan
Bagi anda yang sedang menjalani program diet disarankan mengonsumsi makanan-makanan rendah kalori, kaya serat, serta mengandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh. Salah satu contohnya adalah kubis sehingga sayuran ini layak dimasukkan dalam menu harian anda.

6. Sebagai nutrisi otak
Kubis juga merupakan makanan yang sangat baik bagi otak karena mengandung antosianin dan vitamin K dimana keduanya bermanfaat mejadikan konsentrasi otak lebih baik. Vitamin K juga sangat baik dikonsumsi untuk mencegah penyakit-penyakit yang berhubungan dengan penurunan fungsi otak seperti demensia dan alzheimer.

Semoga bisa bermanfaat .
Share:

0 komentar:

Posting Komentar


Labels

Arsip Blog

Diberdayakan oleh Blogger.