Kamis, 07 September 2017

Jadah



Jajanan Khas Magetan “Jadah”


Jadah atau tetel adalah jajanan tradisional, yang pada saat ini sudah jarang di temui lagi di masyarakat. kecuali hanya pada saat acara acara atau ritual tertentu khususnya di pulau jawa.
jika di pulau jawa biasanya, lebih sering kita temui jadah atau tetel ini, ditemui hanya pada saat acara saja, semisal. Acara lamaran atau pernikahan, serta acara 7 bulan pada anak balita


Cita Rasa Jadah
Rasa Jadah, memiliki cita rasa yang tekstur yang lembut dan kenyal dan juga memiliki rasa yang gurih . Terbuat dari ketan putih yang padat.
Bila Bosan dengan rasa jadah, kita bisa menambah proses pembuatanya lagi bisa dengan jadikan jadah goreng. Dan juga bisa coba jadikan jadah bakar.

Cara Membuat Jadah
cookpad.com
Cuci bersih ketan dan rendam selama semalam, dan kemudian ketan kita kukus hingga setengah matang. jika sudah sampai setengah matang kemudian baru bisa kita angkat ketan tadi.
Selanjutnya, panaskan panci pengukus, kita masukan lagi ketan yang setengah matang tadi ke pengukus lagi,. hingga ketan benar benar matang.
Kemudian campur ketan kukus tadi, ke kelapa muda dan di beri sedikit garam. Bisa kita aduk hingga rata. selanjutnya kita siapkan daun pisang.
Tata daun pisang yang telah di siapkan tadi,  di tata kedalam ember masukan juga ketan dan kelapa tadi. Lalu tekan-tekan sampai halus.
Untuk lebih halus, bisa kita tekan dengan alat tradisional yaitu ulekan, yang sudah di bungkus dengan pelastik. bungkus deengan daun pisang dan padatkan lagi. baru bisa kita potong sesuai selera.
Harga Jadah
Kelezatan jadah ini dapat kita beli dengan harga yang ramah, hanya dengan harga Rp.1500 per potongnya. Pembeli sudah bisa merasakan kelezatan jadah, baik itu jadah kukus, jadah goreng atau jadah bakar.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar


Labels

Arsip Blog

Diberdayakan oleh Blogger.